Langsung ke konten utama

Kedudukan dan Urgensi Akhlaq dalam Qur’an dan Sunnah


Akhlaq mempunyai kedudukan yang utama dalam pondasi agama Islam. Karena akhlaq yang mulia merupakan esensi daripada Ihsan, yang merupakan salah satu dari 3 pondasi Islam setelah Iman dan Islam. Berikut ini adalah urgensi akhlaq yang termaktub dalam al-Qur’an dan as-sunnah:
  1. Misi utama Islam adalah menyempurnakan akhlaq yang mulia.
 انما بعثت لأتمم صالح الأخلاق
 “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia” (HR Al-Hakim)
 2.  Akhlaq yang mulia merupakan warisan kenabian.
وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ 
Artinya : Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.(QS. Al-Qalam : 4)
 3.     Akhlaq merupakan parameter utama keimanan.
أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
Orang mukmin yang paling baik imannya adalah yang paling baik akhlaqnya
(HR At-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban).
وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ لَا وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ لَا وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ قَالُوا وَمَنْ ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ جَارٌ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ قِيلَ وَمَا بَوَائِقُهُ قَالَ شَرُّهُ
 “Demi Allah, dia tidak beriman! Demi Allah, dia tidak beriman! Demi Allah, dia tidak beriman! Ditanyakan: ‘Siapa dia ya Rasulullah?’ Beliau menjawab: Dia adalah orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguan-gangguannya” (HR At-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban).
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ  وَقَالَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia memuliakan tetangganya.Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya”. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, , maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam. (HR At-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban).
 4.    Akhlaq merupakn faktor utama pembentuk kepribadian Islami.
Akhlaq merupakan faktor utama penentuan derajat dan nilai seseorang. Kepribadian seorang muslim dinilai dari akhlak yang tercermin dari aplikasi pemaknaanya dalam menjalankan seluruh ajaran Islam.
 5. Akhlaq merupakan salah satu sumber terpenting kekuatan ummat dan masyarakat.
Seorang penyair Mesir mengatakan:
إنما الأمم الأخلاق إن بقيت
فإن ذهبت أخلاقهم ذهبوا
Sesungguhnya ummat-ummat itu tergantung akhlaqnya jika masih ada.
Tapi jika akhlaqnya punah, maka punah pulalah ummat-ummat itu”.
 6.      Beratnya timbangan dan tingginya derajat akhlaq.
مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ خُلُقٍ حَسَنٍ
Tidak ada sesuatupun yang lebih memberatkan timbangan (kebaikan) seorang mukmin pada Hari Kiamat kecuali akhlaq yang baik”(HR At-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban).
Aku menjamin sebuah rumah di sekitar surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan yang tidak perlu meskipun ia berada di pihak yang benar ; dan sebuah rumah di tengah-tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta, meskipun gurau; dan sebuah rumah di surga yang tertinggi bagi orang yang baik akhlaqnya
(HR Abu Dawud dengan sanad yang shahih).
 7. Akhlaq yang mulia mengubah permusuhan menjadi persahabatan.
Ÿ وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ
Artinya : Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah Telah menjadi teman yang sangat setia. (QS. Fushilat : 34)
 8. Akhlaq merupakan salah satu faktor terpenting penjaga keistiqamahan seseorang.
Akhlaq-akhlaq penjaga keistiqamahan antara lain: ikhlas, sabar, tawakkal, kelapangan dada, berani, jujur, rasa malu dan lain-lain.
 9.      Akhlaq merupakan faktor utama bagi keberhasilan dakwah.
 فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
 Artinya : Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu*Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. QS. Ali Imran : 159
* Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.
ä ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Artinya : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah* dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. An Nahl : 125)
*  Hikmah: ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.
  Selayaknyalah bila setiap Muslim mengarahkan dirinya untuk meraih akhlak mulia karena inilah yang menentukan nilai harga diri, kemuliaan, kejayaan dan kebahagiaan dunia akhirat.
(Ust. Slamet Junaidi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Alasan Islam Larang Hubungan Suami-Istri Melalui Dubur

Majalah fajar Islam.com- JAKARTA --  Ketua Yayasan Dinamika Umat, Kahuripan, Kemang, Bogor, Ustaz Hasan Basri Tanjung, menuturkan setidaknya dua alasan mengapa Islam melarang hubungan suami-istri lewat dubur. "Melakukan hubungan suami-istri lewat dubur atau tempat yang tidak seharusnya merupakan perbuatan yang diharamkan agama," kata dia, Ahad (23/8).

Kasus Femicide di Turki Meningkat Tajam Setelah Kudeta Gagal

Majalah Fajar Islam-ANKARA -- Kasus  femicide  di Turki meningkat tajam sampai 25 persen dan mencapai 409 pada 2017, sehingga menyulut kemarahan masyarakat, yang menuntut tindakan yang lebih efektif terhadap masalah besar sosial itu.  Femicide  adalah pembunuhan terhadap seorang perempuan, oleh orang dekat atau mantan orang dekat. 

Psikologis Saipul Jamil Diperiksa untuk Pastikan Dugaan Kelainan Seksual

 Majalah Fajar Islam.com-JAKARTA -- Penyidik Polsek Kelapa Gading Jakarta Utara akan memeriksa psikologis pedangdut Saipul Jamil (SJ) yang menjadi tersangka pelecehan seksual terhadap remaja pria berinisial DS. "Yang bersangkutan (SJ) akan menjalani pemeriksaan psikologis dan psikiatri pada pekan depan," kata Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Musyafak di Jakarta, Ahad (21/2).